Tips Bangunan Jogja – Cara Mengatasi Lantai Kamar Mandi Rembes dan Bocor

Jasa Bangun Rumah Jogja

Jasa Bangun Rumah Jogja – Kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi lantai kamar mandi bocor atau rembes ke bawah sehingga berpotensi merusak bangunan serta instalasi listrik yang ada, kebocoran ini bisa disebabkan karena faktor kesalahan saat membuat kamar mandi atas, salahnya yaitu tidak melapisi lantai dengan waterprofing anti bocor terlebih dahulu sebelum memasang keramik lantai, atau bisa jadi sudah dipasang namun terjadi kerusakan waterpofing dikemudian hari.

Solusi untuk menghilangkan bocor pada kamar mandi lantai atas

  1. Bongkar keramik lantai di kamar mandi atas, apapun jenis keramiknya, apakah itu murah atau mahal, bongkar saja. jika ada rencana untuk memasangnya kembali maka pembongkaran perlu dilakukan dengan hati-hati
  2. Bongkar keramik dinding paling bawah, hanya satu lapis keramik saja dari bawah yang dibongkar,
  3. Bersihkan lantai hingga beton dalam kondisi bersih, ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa permukaan beton benar-benar bersih sehingga nantinya lapisan anti bocor bisa merekat dengan sempurna.
  4. Jika beton retak, Ciping dan suntik dengan Grouting, ini dimaksudkan untuk memperbaiki struktur beton yang retak, jika tidak terjadi keretakan maka bisa dilanjut ke langkah selanjutnya.
  5. Pasang lapisan waterprofing, bisa yang berbentuk cair atau membrane, ini berfungsi sebagai pelapis anti bocor agar air tidak merembes kebawah. pemasangan pada lantai dan 20cm pada dinding bagian bawah.
  6. Screed lantai, ini berfungsi untuk melindungi lapisan waterprofing agar tidak rusak, screed juga berfungsi untuk meratakan lantai sebagai tempat dudukan keramik.
  7. Pasang keramik lantai dan dinding, terserah mau menggunakan keramik lama jika masih bagus,atau menggantinya dengan keramik baru dengan suasana baru
  8. Perbaikan instalasi listrik, karena dalam contoh kasus diatas kebocoran menyebabkan kerusakan pada instalasi listrik maka perlu dilakukan perbaikan agar tidak terjadi konsleting.

Demikian solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebocoran pada kamar mandi di lantai atas, entah itu lantai 2, 3,4 dan seterusnya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *