Kontraktor Jogja – Pondasi Plat Kaki

Kontraktor Jogja – Pondasi Plat Kaki. Fondasi dari suatu bangunan sederhana yang dibuat dari beton bertulang merupakan fondasi setempat atau fondasi lajur. Pada tanah dasar yang cukup kuat daya dukungnya, lebih hemat kalau menggunakan fondasi setempat seperti fondasi plat kaki.

Lebar dasar plat kaki tergantung gaya yang bekerja pada fondasi dan juga daya dukung tanah besar dibawahnya. Berdasarkan beban yang bekerja yang akibatnya dapat diperhitungkan dengan besar momen yang timbul, maka tebal plat kaki dapat diketemukan berdasarkan mutu beton serta mutu baja tulangan yang digunakan. Oleh karena momen yang timbul pada ujung plat kaki menjadi kecil bahkan sama dengan nol, maka dari itu tebal plat pada ujungnya dikurangi 1/3 dari tebal pada pangkalnya.

Pada permukaan tanah galian di bawah fondasi beton bertulang dipasang lantai kerja, yaitu beton setebal 5-6 cm dengan campuran 1pc : 3ps : 5pr. Fungsi lantai kerja antara lain :

a.sebagai acuan untuk menggantikan papan, karena letaknya dibawah beton, sehingga tidak mungkin untuk dibongkar
b.permukaan yang akan dipasang tulangan menjadi rata
c.pada waktu memasang tulangan permukaanya tidak kotor oleh tanah

setelah lantai kerja mengeras, kemudian tulangan dapat dipasang (stel) sesuai rencana gambar. Kemudian acuan dapat dipasang yang terdiri dari papan yang dirangkai dan diperkuat dengan patok yang ditanam dalam tanah.

Walaupun acuan hanya bersifat sementara, akan tetapi acuan harus kokoh, tidak akan bergeser serta tidak akan berubah bentuk. Disamping itu acuan harus mudah dibongkar setelah beton mengeras. Syarat-syarat acuan antara lain :

a.acuan harus menghasilkan konstruksi akhir yang membentuk beton yang dicor
b.acuan harus sesuai dengan bentuk serta ukuran dari beton yang dicetak
c.acuan harus kokoh, tidak bergerak/bergeser apabila beton dicor serta tidak boleh bocor oleh adukan beton
d.acuan harus mudah dibongkar tanpa merusak beton yang sudah mengeras.

Setelah acuan dipasang dan tulangan telah diperiksa dan benar, kemudian beton boleh dituang. Acuan boleh dibongkar setelah 3 hari terhitung dari beton selesai dituang. Setelah acuan dibongkar beton harus menerus dibasahi, paling sedikit 1 minggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *